Sabtu, 08 April 2017

#singapura

5 Tips Untuk Backpacker Pemula Ke Singapura


jalan jalan ke luar negeri bisa jadi pengalaman luarbiasaaaah yang gak terlupakan. bahkan dengan lu jalan ke luar negeri dengan budget minim sekalipun, orang bakal bilang whahaha horang kayaah *itu yang gue alami wkwk. Destinasi yang gue kunjungi adalah destinasi populer yang banyak dijadikan pengalaman pertama kali ke luar negeri oleh para pejalan di Indonesia karena lokasinya yang cukup dekat, yakni Singapura. meskipun dari kebanyakan orang bilang singapura itu MAHAL buat backpacker yang minim budget, hal itu bisa diminimalisir, lo gak melulu harus bayar mahal buat nginep, makan dan lain-lain. karena di singapura banyak hostel atau foodstreet yang murmer, yaa, sesuai gaya hidup masing masing. Melalui postingan ini gue mau bagiin tips untuk backpacker pemula ke Singapura, berdasarkan pengalaman pribadi gue kemarin.

1. Rencanakan perjalanan dengan detail

Sebelum berangkat, lo harus riset, yaaa meskipun pada kenyataannya di singapura itu gampang banget buat kemana mana, tapi tetep aja lo harus riset dan buat rencana perjalanan termasuk di mana nginap, tempat-tempat yang bakal lo tuju dan transportasi yang diperlukan untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain.Tulis semua di satu buku atau note di handphone lo dan ini akan jadi pegangan lo selama di perjalanan. Jangan takut merubah rencana karena kadang tidak semua selalu berjalan dengan baik.

2. Minum banyak air putih selama perjalanan

Cuaca di Singapura panas dan lembab. Inibikin badan banyak berkeringat dan kekurangan cairan tubuh yang bisa mengakibatkan dehidrasi. Lagipula pasti lo banyak jalan kaki dan ini memerlukan tenaga. Karena itu selalu bawa botol air minum dan mengisinya dengan membeli Aqua (S$2 per botol) selama di perjalanan. emang harga air mineral mahal tapi lebih baik bayar air daripada pingsan karena dehidrasi. Lebih bagus lagi kalo lo nemu kran air minum gratis (biasanya ada di bandara dan tempat-tempat wisata).

3. Cari makanan murah

Salah satu cara menekan pengeluaran di Singapura adalah dengan tidak makan di restoran mewah. Mayoritas warga Singapura memilih makan di food street/hawker seperti Chinatown Food Street atau Lau Pa Sat karena harganya lebih murah. Ada bermacam pilihan menu dari makanan Cina seperti mie goreng atau nasi ayam Hainan; makanan India seperti nasi biryani dan kari, juga dessert seperti es podeng. Dengan $15 kamu sudah dapat makanan dan minuman yang mengenyangkan.

4. Mau hemat? Jangan naik taksi

Taksi di Singapura mahal banget, karena itu lebih baik naik MRT atau bus. Untuk naik MRT, pertama kamu harus membeli kartu EZ Link di stasiun MRT yang tersebar di berbagai tempat (kemarin saya go show). Sebelum digunakan kartu tersebut harus diisi dengan ‘pulsa’ di mesin tiket yang tersedia di stasiun. Caranya, letakkan kartu di mesin lalu ikuti instruksi yang tertera di layar monitor. Kartu bisa di top up sebanyak $S5 atau lebih. Kalau tidak mau beli kartu EZ Link bisa juga beli tiket sekali jalan, tapi memakai kartu jauh lebih praktis. Kalau bingung harus naik kereta yang mana bisa cek di peta yang tersebar di seluruh stasiun atau bertanya pada petugas keamanan. Seorang petugas keamanan yang gue tanyai sangat baik karena selain memberi instruksi dia juga membekali gue peta MRT mini. Untuk masuk ke peron yang dituju tinggal tempelkan kartu ke pintu mesin. Kalau ragu harus berjalan ke mana, lihat papan petunjuk di atas dan ikuti tanda panah.
Untuk naik bus, pertama-tama lo harus tahu bus nomer berapa yang akan dinaiki dan mau turun di mana. Setelah itu, pergilah ke bus stop yang ditunjuk. Bus stop di Singapura sangat teratur karena setiap rute sangat jelas menuju ke mana dan punya tempat pemberhentian. Penumpang mengantri dengan tertib sebelum masuk ke bus. Kartu EZ Link juga bisa dipakai untuk naik bis. Pada saat naik tinggal tempelkan kartu ke mesin di depan pintu bus. Dijamin tidak akan kesasar karena supir pasti mengumumkan nama tempat di mana bus berhenti.Singapore bus

5. Siap untuk banyak jalan kaki dan ingat istirahat

Kadang jarak dari satu tempat ke tempat lain di Singapura bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Karena itu sebaiknya jaga stamina tubuh sebelum berangkat. Pakai sepatu olahraga atau sepatu kanvas yang kuat juga kaos kaki yang menyerap keringat. gue waktu itu pake sepatu wakai karena itu nyaman bangetttt! Bawa plester dan salep Counterpain untuk berjaga-jaga kalau kaki luka atau terkilir *waktu itu gue gak bawa. Kalau capek lebih baik cari tempat untuk duduk dan kumpulkan tenaga sebelum jalan lagi. daripada pingsan! hayooo...

Semoga tips-tips ini berguna dan bermanfaat bagi lo yang mau jadi traveller ke Negeri Singa. selamat liburan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#bangkok

Perjalanan 4H3M ke Bangkok Thailand haiii gaissss.. ckckck. mumpung masih anget. kali ini, gue mau berbagi pengalaman saat gue ke ba...